Social Icons

Pages

Senin, 10 Juni 2013

Macet ? Meditasi Yuk !

Membayangkan macet di jalan raya , bagi saya  sudah menyiksa . Apalagi jika mengalaminya . Apa yang bisa kita lakukan di diantara jok yang penuh dengan penumpang    atau di atas kendaraan bermotor dengan tubuh    terbakar terik matahari   ,  sementara pikiran melayang pada pekerjaan yang belum bisa kita sentuh ?
 
 Galaulah hati ini,  memikirkan kapan macet akan berakhir . Ketidakpastian ini sangat mungkin memicu emosi negative , seperti kesal , marah pada keadaan dan akhirnya menurunlah mood yang sudah baik – baik kita jaga dari rumah .



Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meredam siksaan ini ? Jawaban yang saya tawarkan adalah meditasi . Mengapa meditasi ? Karena meditasi akan menyebarkan kedamaianan dalam diri kita , menyenyahkan kekalutan yang melanda , begitu artikel yang ditulis oleh Indscript   Creative.


Dalam artikel tersebut , seorang pembimbing meditasi yang bernama Adjie Silarus  mengemukakan  satu teknik  mudah untuk menjalaninya . “Diamlah sejenak, berkonsentrasilah pada pernapasan. Hirup dan hembuskan napas selama satu menit. Rasa kesal itu akan hilang secara perlahan. Ajaklah orang-orang di sekitar Anda yang kemungkinan sedang merasa kesal juga untuk melakukan itu. Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda sudah berbagi kedamaian dengan sesama.”

    Seseorang dapat merasakan kedamaian melalui meditasi, karena meditasi ibarat alat untuk menenangkan pikiran dan mempertajam intuisi. Seperti halnya air dalam bejana yang keruh, jika kita memberinya waktu untuk tenang dan mengendap, kita dapat melihat di mana sumber kekeruhan itu bermula. “Ini yang sering disebut dengan meditative mind, yakni pikiran yang dilatih melalui teknik meditasi, agar mampu memilah mana informasi yang perlu diperhatikan dan mana yang tidak,” ujar Adjie. “Sebab, seringkali orang menjadi stress dan tidak damai, karena pikirannya terlalu fokus pada informasi yang sebenarnya tidak penting.”

    Ketika pikiran sudah terlatih untuk lebih tenang, maka seseorang dapat menemukan sumber-sumber penyebab ketidakdamaian pada dirinya, dan memilahnya. Pikiran yang terlatih juga mempertajam intuisi, sehingga seseorang dapat terbantu manakala harus membuat keputusan penting. Intuisi tersebut akan membantunya menentukan mana yang terbaik dari sekian banyak pilihan atau informasi yang diterimanya.


    Jadi , macet bukan halangan untuk tetap produktif bukan  ,  jika kita mau menata hati dengan meditasi ? Selamat berbahagia di jalan raya . 


Personal Branding, Indscript Creative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample Text