KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
................................................
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
LEMBAGA
PENDIDIKAN ........................................
.................................
REKOMENDASI PENGESAHAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
MTs MA’ARIF NU KEMALANG KLATEN
LEMBAR VALIDASI
KTSP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Setelah dilakukan
validasi secara cermat dengan istrumen validasi yang telah disesuaikan dengan
regulasi yang berlaku, maka rancangan KTSP :
Madrasah |
: |
.............................. |
NISM |
: |
....................................................... |
NPSM |
: |
.............................. |
Akreditasi |
: |
A |
Alamat |
: |
........................ |
Kecamatan |
: |
........... |
Kab / Kota |
: |
............................. |
Tahun Pelajaran |
: |
2021/2022 |
Direkomendasi untuk
mendapatkan pengesahan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan pada madrasah
tersebut pada Tahun Pelajaran 2021/2022 sesuai dengan ketentuan peraturan yang
berlaku.
Klaten, ……………..Juli 2021
Pengawas,
.......................................
NIP. ................................................
HALAMAN PENGESAHAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
....................
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Dapat digunakan mulai
tahun pelajaran 2021/2022
Ditetapkan tanggal 15 Juli 2021, oleh
:
Kepala
Madrasah,
......................................
Mengetahui :
Komite
Sekolah
...............................................
Mengesahkan :
Kepala
Kantor
Kementrian
Agama Kab. Klaten
.......................................................
...................................................................................
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Tim
Pengembang MTs Ma”arif NU Kemalang telah
menyusun Dokumen I KTSP Kurikulum 2013. Penyusunan Dokumen ini merupakan salah
satu upaya mengoptimalkan kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan oleh
sekolah selama masa pandemic covid 19, sesuai dengan karakteristik kondisi
zona/daerah sekolah dan zona asal peserta didik serta berorientasi pada
kebutuhan peserta didik.
Dokumen 1 KTSP
Kurikulum 2013 ini disusun dengan mengacu pada Keputusan Mendikbud Nomor
719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam
Kondisi Khusus dan Surat Edaran Kemdikbud nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman
Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa darurat Penyebaran Corona Virus
Covid 19. Dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013 yang kami susun ini mulai dilaksanakan
pada tahun pelajaran 2021/2022.
Namun demikian,
kami menyadari bahwa Dokumen kurikulum ini masih belum sempurna. Penyempurnaan
secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan perubahan dan
penyempurnaan Kurikukum darurat dimasa pandemic covid 19.
Kami mengucapkan
terimakasih dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah dan Pengawas Sekolah Bapak ..................................... yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu baik waktu maupun
tenaganya untuk menyusun Dokumen ini.Semoga Allah SWT senantiasa memberikan
petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi peningkatan mutu
pendidikan di Indonesia.
Kemalang, Juli 2021
Kepala Madrasah,
Drs. Karsana
NIP. -
DAFTAR ISI
Halaman sampul |
………………………………………………………….. |
1 |
|||
Halaman Validasi pengawas |
………………………………………………………….. |
2 |
|||
Halaman pengesahan |
………………………………………………………….. |
3 |
|||
Kata pengantar |
………………………………………………………….. |
4 |
|||
Daftar isi |
………………………………………………………….. |
5 |
|||
BAB I |
PENDAHULUAN |
……………..…………………………. |
7 |
||
A |
Latar Belakang |
……………..………………………… |
7 |
||
B |
Landasan Yuridis |
……………..………………………… |
8 |
||
C |
Tujuan Pengembangan kurikulum |
……………..………………………… |
10 |
||
D |
Prinsip Pengembangan kurikulum |
……………..………………………… |
12 |
||
BAB II |
TUJUAN |
……………..………………………… |
15 |
||
A |
Latar pengembangan KTSP |
……………..………………………… |
15 |
||
B |
Visi MTs Ma’arif Kemalang |
……………..………………………… |
17 |
||
C |
Misi MTs Ma’arif
Kemalang |
……………..………………………… |
17 |
||
D |
Target / tujuan MTs Ma’arif Kemalang |
……………..………………………… |
17 |
||
BAB III |
STRUKTUR KURIKULUM
|
……………..………………………… |
20 |
||
A |
Struktur kurikulum |
……………..………………………… |
20 |
||
B |
Muatan kurikulum |
……………..………………………… |
22 |
||
C |
Pengembangan diri |
……………..………………………… |
25 |
||
D |
Pelaksanaan pembelajaran |
……………..………………………… |
17 |
||
|
Pengaturan beban belajar |
……………..………………………… |
33 |
||
|
Penialain hasil
belajar |
……………..………………………… |
35 |
||
|
Kriteria kenaikan kelas dan kelulusan |
……………..………………………… |
42 |
||
E |
Mutasi peserta didik |
……………..………………………… |
44 |
||
F |
Nilai karakter di madrasah |
……………..………………………… |
47 |
||
G |
Penyelenggaraan berbasis lokal dan global |
……………..………………………… |
48 |
||
BAB IV |
KURIKULUM DARURAT |
……………..………………………… |
51 |
||
A |
Konsep kurikulum darurat |
……………..………………………… |
51 |
||
B |
Prinsip kurikulum
darurat |
……………..………………………… |
53 |
||
C |
Materi kurikulum darurat |
……………..………………………… |
54 |
||
D |
Langkah pengelolaa pembelajaran |
……………..………………………… |
55 |
||
BAB V |
KALENDER PENDIDIKAN |
……………..………………………… |
60 |
||
A |
Permulaan tahun pelajaran |
……………..………………………… |
61 |
||
B |
Minggu efektif |
……………..………………………… |
61 |
||
C |
Waktu belajar |
……………..………………………… |
63 |
||
D |
Libur madrasah |
……………..………………………… |
55 |
||
E |
Kegiatan Madrasah |
……………..………………………… |
64 |
||
BAB VI |
PENUTUP |
……………..………………………… |
60 |
||
|
LAMPIRAN – LAMPIRAN
|
|
61 |
||