Social Icons

Pages

Minggu, 15 Mei 2022

CEKLIS PENGHILANG JEMU

 

Selamat bertemu kembali pembaca. Hari ini saya berusaha mengejar hutang tulisan yang kemarin belum sempat saya  yang setorkan kepada panitia PMA Tantangan menulis 70 hari. Banyak kesibukan mengerjakan administrasi usai ujian madrasah yang memaksa saya untuk berada di depan  laptop berkutat dengan data dan nilai sehingga waktu menulis tersita.

 

Bicara soal admnistrasi madrasah atau sekolah saya kira para pembaca sudah demikian maklum : banyak yang harus dikerjakan. Seorang guru memang punya tugas di luar mengajar yang cukup banyak. Tugas untuk mengadministrasikan segala kegiatan pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan yang terangkum dalam RPP, Program kerja tahunan, semesteran, perencanaan penilaian, pengembangan kurikulum dan lain lain. Kemudian dalam proses pembelajaran masih ada pekerjaan :  mengadministrasikan kegiatan ulangan, yang setahun ada empat macam yaitu ulangan harian lengkap dengan analisisnya, Ulangan Tengah Semester,  Ulangan Akhir Semester dan Ujian. Di sela-sela itu ada pengayaan dan remidi. Juga penyusunan modul atau pengembangan diri lainnya yang berupa penelitian. Serta seabrek admnistrasi lain-lain yang tidak bisa saya sebutkan semuanya di sini karena saat ini memang kita tidak sedang  membahas maca-macam  administrasi guru , tetapi fokus   pada bagaimana agar pekerjaan itu   tidak menjemukan.

 

 Sebab saya  sendiri kadang sering merasa jemu  dengan banyaknya pekerjaan administrasi tersebut. Meski banyak aplikasi  yang kadang memudahkan ,  tetapi tetap saja berhubungan dengan data dan angka bagi karakter semacam saya yang ada sedikit sentimentilnya, hehe, menjadi cukup membosankan .Padahal di balik  itu saya mengerti bahwa    memang  admnisitrasi itu memang diperlukan untuk evaluasi kita pada pengawas, bukti  fisik  pencairan dana BOS  dan juga meningkatkan mutu dalam akreditasi sekolah. Tetapi kalau boleh meminta saya akan matur, " mbok ya disederhanakan."

 

Coba lihat, semua  laporan yang kita  buat seakan –akan  ditujukan pada pihak luar sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai guru. Di sinilah saya akan mengajak pembaca untuk menghilangkan  ataupun kalau belum bisa ya mengurangi rasa jemu kala  mengerjakan administrasi tersebut.

 

     Saya banyak melihat di banyak sekolah ,  admnistrasi itu baru dikerjakan atau dibuat kala  ada pihak luar  melakukan pemeriksaan pada kita sebagai guru. Pengawas datang kita buru-buru memberesi semuanya, akreditasai datang kita lembur semalaman.

Kalau itu yang terjadi  berarti kita mengasumsikan bahwa tugas admnistrasi itu kita peruntukkan untuk pihak luar. Jadi ya kita malas-malasan, “ untuk apa melayani orang lain padahal kita telah benar-benar mengajar setiap hari, “ itu keluhan sebagian teman-teman guru.

 

Saya menyarankan untuk memakai cara sederhana agar  pekerjaan itu tak menjadi beban. Apa itu ?

 

Satu, sadari bahwa  pekerjaan itu adalah bagian dari pekerjaan kita, bukan pelayanan untuk pihak luar.

 

Dua, Buat ceklis mingguan . Misal minggu ini adalah minggu ujian, saya sebagai guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Bidang Kurikulum akan membuat  ceklis yang berisi :membuat undangan rapat, membuat notulen rapat, membuat SK Panitia, membuat soal Ujian dan kisi- kisi dan daftar panjang lainnya.  Beri kolom centang pada setiap point.

 

Lalu lakukan saja , kerjakan  satu persatu sesuai ceklis, dan beri centang kalau sudah terlaksana. Jangan lupa, ucapkan terimakasih kepada diri sendiri  setiap kali mencetang satu point. “ Yess, terimakasih diriku yang hebat, telah mengerjakan pekerjaan hebat ini. “Kasih emoticon senyum juga bagus.

 

Kalau minggu ini selesai buat ceklis lagi minggu depan, begitu seterusnya. Jangan melihat berapa banyak yang masih harus dikerjakan tetapi kerjakan saja apa yang kita tulis di ceklis . Selamat mencoba.

 #naskah_ke_4

#tantangan_menulis_70_hari


 

 

 

 

 

2 komentar:

 

Sample Text